Friday, December 22, 2006

LUCU: Ketawa Terkekeh

Ketawa Terkekeh-kekeh dengan suara imutnya

Banyak hal yang bisa bikin Gadia senyum atau ketawa. Tapi dari semua hal itu, ada beberapa yang bisa bikin dia ketawa terkekeh dengan suara yang menggemaskan. Ini diantaranya:

> Lihat foto papa jadul
Gadia ketawa bunyi pertama waktu umur 2,5-3 bulanan. Kalau nggak salah waktu itu dia lagi di Cinere, lihat foto jaman baheulanya Papa dan Om Adi berdua pake jas dan bergaya jadul abis. Papa masih kurus sampe bibirnya tampak tebal sekali (hihihi) dan Om Adi masih lebat rambutnya:D. Saat itu, setiap lihat foto itu Gadia pasti ketawa geli. Kita pun yang melihatnya jadi ketawa juga.

>Lihat oma joget
Gadia bisa tertawa geli terkekeh-kekeh berulang melihat Oma Abink yang kalau joget gayanya seribu satu dah. Mungkin bentuk apresiasi Gadia pada Oma yang amat berdedikasi kalau joget. Pernah saking hebohnya, oma sampe tersengal-sengal dan terpaksa minta break untuk minum, padahal Gadia lagi berteriak, „More, more!“ dengan menghentak-hentakkan kakinya ke tempat tidur minta pertunjukkan dilanjutkan.

> Cikibum
Di Parc Oasis, Gadia paling seneng main ciluk ba. Pasti dia ketawa sampe kegelian. Kadang-kadang pake soundtrack cikibum. „Cikicikibumbum,“ mama ngumpetin muka di kasur, lanjut, „Alalabumbum,“ mama nongolin muka ke deket muka Gadia. Kadang-kadang Gadia bisa lebih heboh ketawanya kalau rambut mama sengaja digerai dan disentuhkan ke muka Gadia.

>Hak…hak…
Hal-hal yang nggak sengaja dilakukan mama tanpa bermaksud melucu ternyata malah bisa bikin Gadia „ngakak“. Misalnya waktu lagi makan (waktu itu makan pisang, hari Selasa sebelum besoknya Gadia masuk RS). Makanya malamnya mama gak ada firasat apa2 karena Gadia masih ketawa ngakak saat makan. Jadi begini ceritanya: Gadia disuapin pisang mau sih mau, tapi harus dicampur air. Mulutnya dibuka tapi dengan malas-malasan. Mama gemes karena nyuapinnya jadi lama. Mama gemes. „Gini dong makannya, Gad, hak, hak!“ ujar mama sambil membuka mulut lebar-lebar dan pura-pura menggigit dan menelan sesuatu dengan penuh nafsu. Eh, Gadia malah ketawa ngakak. Setiap suap mama jadi bilang gitu dan sebelum sendok masuk, Gadia ketawa dulu.

>Hngh…
Atau pernah juga mama dan Gadia lagi main di kasur. Ini kejadiannya di Clementi. Mama lihat ada upil menggantung di hidung Gadia. Mama gemes pengen ambil tapi takut melukai Gadia. Mama coba pencet dari luar, eh tu upil masih nakal dan kekeuh gak mau keluar. Mama bilang deh ke Gadia, “Gad, bisa nggak begini Gad, hngh, gitu Gad. Hngh.” Mama sambil nyingsring alias nose blowing. Eh, Gadia malah ketawa terkekeh-kekeh dan girang banget setiap mama bilang “hngh!”. Mama jadi seneng juga dan terus ngulang-ngulang sampe Gadia bosan, hehehe.

>Fluh, Gadia, fluh
Ceritanya waktu itu di Cinere. Mama lagi buka account statement BII-nya papa. Amplopnya mama tegeletakin gitu aja di kursi atau meja. Mama baca isi suratnya sambil pegangin Gadia yang duduk di sofa. Begitu mama selesai baca, mama lihat Gadia lagi mengunyah amplop dengan nikmatnya. Amplop udah sobek-sobek bekas gigitan. Mama panik dan suruh Gadia buka mulut. Pas lidah terlihat, sobekan kertas juga tak tampak. Mama makin panik dan sedikit berteriak, “Fluh, Gadia, fluh!” Maksudnya supaya Gadia memuntahkan kertas yang udah dia makan. Bukannya nurut, Gadia malah ketawa kenceng. Mama yang lagi panik kaget. Udah gitu Gadia makin jahil ketawanya, “hehehehehehe…”, begitu kira-kira. Mama ulang-ulang lagi, “Fluh, Gadia, fluh!”. Terus direspon dengan ketawa oleh Gadia. Akhirnya mama masukin jari ke mulut Gadia dan ketemu deh “bubur kertas” dibalik gigi atas Gadia… Fuih, mama lega. Habis itu sih Gadia sering masukin kertas, tisu dan sejenisnya ke mulut… Biasanya mama selalu berhasil menemukan bubur kertas dalam mulutnya. Tapi pernah bubur koran nggak ketemu:D.

>Cium-cium seluruh tubuh
Nah, yang ini mungkin rada standar. Artinya tiap bayi pasti suka diciumin seluruh tubuhnya. Wuiiih asik deh kalau udah main begini. Mama seneng banget bisa cium2, Gadia tertawa-tawa kegelian… Pokoknya nggak bosan-bosan. Tapi kadang capek juga hehe…

3 Desember 2006

No comments: